Evaluasi Aktivitas LST Pada Institusi Pendidikan Tinggi Berdasarkan Persepsi Mahasiswa

  • Maria Magdalena Wahyuni Inderawati Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  • Po-Tsang B. Huang Chung Yuan Christian University Taiwan
  • Ching-Chow Yang Chung Yuan Christian University Taiwan
  • Ronald Sukwadi Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
Keywords: lingkungan, sosial, tata kelola, evaluasi LST, mahasiswa

Abstract

Institusi pendidikan tinggi perlu berperan aktif dalam isu keberlanjutan untuk mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). Studi ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap kegiatan universitas terkait LST. Penelitian ini dilakukan pada sebuah universitas swasta di Indonesia yang telah melaksanakan berbagai aktivitas terkait isu lingkungan, sosial dan tata kelola (LST) untuk mendukung pencapaian TPB. Hal ini telah dibuktikan dengan terbitnya Laporan Keberlanjutan dan partisipasi universitas tersebut dalam UI GreenMetrics. Metode yang diterapkan adalah penyebaran kuesioner kepada responden mahasiswa, dan mahasiswa memberikan respon pada skala Likert 1-5. Hasil menunjukkan bahwa bidang sosial dan tata kelola mendapatkan persepsi baik dari mahasiswa dengan skor persepsi 4, sedangkan bidang lingkungan mendapat skor kurang dari 4. Pendalaman lebih lanjut menunjukkan bahwa universitas masih perlu melakukan perbaikan atas kegiatan penghematan energi, pengelolaan bangunan dan promosi transportasi ramah lingkungan. Hasil studi ini dapat dipakai oleh universitas untuk meningkatkan aspek-aspek yang masih kurang dan mempertahankan aktivitas yang telah baik dari persepsi mahasiswa.

Author Biographies

Maria Magdalena Wahyuni Inderawati, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Po-Tsang B. Huang, Chung Yuan Christian University Taiwan

Department of Industrial & Systems Engineering

Ching-Chow Yang, Chung Yuan Christian University Taiwan

Department of Industrial & Systems Engineering

Ronald Sukwadi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Prodi Teknik Industri, Fakultas Teknik

Published
2022-06-30
Section
Articles