Perancangan Strategi Pemasaran Kecap Kipas Sate Dengan Menggunakan Metode SOAR

  • I Gusti Ayu Sri Deviyanti Institut Sains Terapan dan Teknologi Surabaya (iSTTS)
  • Keryn Rahmawati Ferryanto Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS)
  • Timotius Cahya Wihoya Institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya (ISTTS)
Keywords: Kata Kunci: Segmentasi, Target Pasar, Posisi Pasar, Analisis SOAR.

Abstract

Ketatnya persaingan bisnis menuntut perusahaan untuk mengembangkan dan memilih strategi yang tepat. Khususnya dalam pemasaran, banyak perusahaan yang hanya mengandalkan keunggulan produk saja, tetapi tidak memperhatikan pangsa pasar dan strategi pemasaran produk. Perusahaan Kecap Kipas Sate adalah salah satu perusahaan yang bergerak dalam komoditas kecap. Penelitian ini membahas aspek pemasaran pada Perusahaan Kecap Kipas Sate, menganalisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan, serta strategi segmenting, targeting, dan positioning. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa pengelolaan internal Perusahaan Kecap Kipas Sate masih memiliki beberapa fungsi manajemen yang belum dijalankan dengan baik. Misalnya, fungsi keuangan memerlukan perbaikan dalam pengaturan keuangan, dan fungsi sumber daya manusia perlu diperinci serta dibagi tugas lebih lanjut. Analisis lingkungan eksternal menunjukkan adanya peluang dan ancaman dari kompetitor yang bersaing dalam harga, sehingga perusahaan perlu menyusun strategi baru. Strategi segmenting, targeting, dan positioning di Perusahaan Kecap Kipas Sate difokuskan pada segmen pengusaha dengan status ekonomi menengah ke bawah.

Kata Kunci: Segmentasi, Target Pasar, Posisi Pasar, Analisis SOAR.

 

References

Bungin, B, S. (2009). Metodologi penelitian kualitatif. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Badan Pusat Statistik. (2014). Luas panen, produktivitas, dan produksi kedelai di jawa timur. Retrived March 3, 2015, from http://jatim.bps.go.id/
Chowdhury, & Prasad. P,. (2012). Stationary markets: features and limits of effective marketing intervention. American Academic & Scholarly Research Journal. 4(3) : 45-51
David, F. (2011). Strategic management. New Jersey: Pearson Education Inc.
Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. (2010). Kinerja industri indonesia Retrived March 3, 2015, from http://www.kemenperin.go.id/statistik/ibs_tahun.php
Kotler, P.,& Keller, K.L. (2012). Marketing management (ed. 14). New Jersey: Pearson Education, Inc.
Richard B (2011) Strategic Management: Formulation , Implementation, and Control. New York: McGraw-Hill
Sair, S, A., & Shoaib, M. (2014). Measuring the effectiveness of brand positioning strategies perceived by consumers. ProQuest Agriculture Journals. 26(1) : 353-361
Sugiyono. (2010). Metode penelitian bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sunadji, Muhammad. S., Tjahjono. A., & Riniwati. H. (2014). Development Strategy of Seaweed Aquaculture Business in Kupang Regency, East Nusa Tenggara Province, Indonesia. Journal of Agricultural Studies. 2(1) : 27-39
Published
2024-06-21