ANALISA DAN PERANCANGAN METAVERSE KAMPUS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS : KAMPUS UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA)

  • Paulus William Siswanto Universitas Katolik Darma Cendika
  • Ryan Putranda Kristianto
Keywords: Design Thinking, Metaverse, Universitas Katolik Darma Cendika.

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) dalam pengembangan metaverse kampus dengan pendekatan Design Thinking di Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya (UKDC). Dengan fokus pada pengalaman pengguna (UX), penelitian ini melibatkan tahapan Design Thinking, mulai dari Empathize hingga Test. Melalui analisis Empathize terhadap ketersediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau di kampus, penelitian mendefinisikan konsep metaverse yang unik untuk UKDC. Tahap Ideate menghasilkan ide-ide kreatif untuk fitur, antarmuka pengguna, dan pengalaman yang diinginkan. Proses Prototype menggunakan Unity sebagai mesin permainan VR, sementara Testing melibatkan partisipasi mahasiswa dengan metode System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan nilai rata-rata SUS sebesar 72,1875, kategori baik. Saran penelitian mencakup optimalisasi aspek-aspek UI, responsivitas, dan fungsionalitas untuk meningkatkan daya tarik metaverse. Melibatkan partisipasi pengguna lebih aktif juga dianjurkan guna memahami kebutuhan khusus mahasiswa UKDC. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan metaverse kampus yang sesuai dengan karakteristik lingkungan pendidikan tersebut.

Published
2024-02-20