Perancangan Antarmuka Aplikasi Sosial Media Kampus Dengan Penerapan Design Thinking
Keywords:
Kata kunci: Media sosial, pendidikan tinggi, interaksi sosial, Design Thinking, aplikasi kampus, prototype, teknologi digitalAbstract
Di era digital, teknologi merambah pendidikan tinggi, menjadikan perguruan tinggi pusat interaksi sosial dan pengembangan diri mahasiswa. Interaksi sosial yang baik mendukung pertumbuhan mental dan emosional mahasiswa. Media sosial kampus penting untuk mengintegrasikan teknologi digital ke dalam kehidupan kampus, meningkatkan kinerja dan pemahaman mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode Design Thinking yang berpusat pada manusia untuk mengembangkan aplikasi sosial media kampus. Tahapan metode ini meliputi Emphatize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Data dikumpulkan melalui kuesioner dari mahasiswa dan dosen di Universitas Katolik Darma Cendika. Hasilnya menunjukkan kebutuhan akan fitur forum diskusi, chat pribadi, dan personalisasi tampilan. Wireframe dikembangkan untuk berbagai halaman aplikasi, yang kemudian diimplementasikan menjadi prototipe menggunakan Figma. Pengujian prototipe menghasilkan penyesuaian berdasarkan masukan pengguna. Kesimpulannya, menurut mahasiswa aplikasi sosial media kampus ini sangat membantu untuk mencari dan menyebarkan informasi. Fitur forum diskusi, chat pribadi, dan personalisasi profil dianggap penting. Warna tampilan yang sederhana seperti putih diterima dengan baik dan mahasiswa menyarakan menambakan warna dengan aksen warna kampus. Saran tambahan mencakup fitur pendukung kegiatan akademik dan sosial. Aplikasi ini diharapkan meningkatkan interaksi dan komunikasi mahasiswa, serta mendukung proses belajar mengajar di kampus.
Kata kunci: Media sosial, pendidikan tinggi, interaksi sosial, Design Thinking, aplikasi kampus, prototype, teknologi digital