Desain Game Edukatif “Battle of Nusantara” Dengan Metode Design Thinking Untuk Pengenalan Budaya Indonesia
Keywords:
Design Thinking, Prototipe, Gamifikasi, Budaya Indonesia, Usability TestAbstract
Pengetahuan Kebudayaan Indonesia adalah salah satu faktor yang dapat memperkuat identitas atau karakter sebuah bangsa yang harus diterapkan sejak dini oleh karena itu perlunya inovasi baru dalam mengedukasi kebudayaan Indonesia terhadap putra-putra bangsa. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membuat desain game edukasi untuk mengenalkan kebudayaan bangsa, Penelitian ini menggunakan metode penelitian Design Thinking yang terdiri dari 5 tahap: empati, definisi, ideasi, prototipe dan pengujian. Metode ini dipilih dikarenakan pendekatannya yang dapat memberikan solusi desain untuk user yang dituju pada tahapan-tahapannya. Hasil Penelitian diuji menggunnakan System Usabilty Scale menghasilkan presentase sebesar 84,25%, yang membuktikan bahwa metode Design Thinking efektif dalam pembuatan desain game “Battle of Nusantara”.