https://jurnal.ukdc.ac.id/index.php/sintekdc/issue/feed SINTEK-DC Seminar Nasional Teknologi Darma Cendika 2024-02-27T04:25:07+00:00 Ryan Putranda Kristianto ryan@ukdc.ac.id Open Journal Systems <p>Jurnal Seminar Teknologi yang dikelola oleh Prodi Teknik Informatika Universitas Katolik Darma Cendika</p> https://jurnal.ukdc.ac.id/index.php/sintekdc/article/view/528 PENGUJIAN APLIKASI “SOBAT DIFABEL” BERBASIS ANDROID DENGAN TEKNIK BLACKBOX TESTING 2024-02-20T06:53:38+00:00 yohanes junardi palis yohanes.palis@student.ukdc.ac.id Ryan Putranda Kristianto ryan@ukdc.ac.id Alvinus Yodi alvinus.yodi@student.ukdc.ac.id <p>Pengujian perangkat lunak merupakan langkah penting dalam pengembangan aplikasi untuk memastikan kualitas dan kehandalan. Salah satu metode pengujian yang umum digunakan adalah Black Box Testing, di mana fokus utamanya adalah pada fungsi-fungsi aplikasi dari perspektif pengguna akhir. Penelitian ini bertujuan untuk menguji aplikasi "Sobat Difabel" menggunakan metode Black Box Testing dengan pendekatan Waterfall. Metode Waterfall digunakan untuk mengembangkan aplikasi secara berurutan dan sistematis, dimulai dari analisis kebutuhan hingga tahap pengujian. Hasil pengujian aplikasi "Sobat Difabel" menunjukkan bahwa pengujian Black Box Testing dilakukan pada berbagai menu dan fitur aplikasi. Desain aplikasi melibatkan enam proses utama, termasuk pembelajaran huruf dan angka dalam bahasa isyarat. Metode pengujian Black Box Testing digunakan untuk menilai fungsionalitas setiap menu dan fitur, dan hasilnya menunjukkan bahwa tidak ditemukan masalah atau ketidaksesuaian yang signifikan. Dengan demikian, aplikasi "Sobat Difabel" dianggap siap digunakan dan dapat diluncurkan untuk pembelajaran, memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik terutama bagi difabel.</p> 2024-02-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ukdc.ac.id/index.php/sintekdc/article/view/518 IMPLEMENTASI SERVERLESS OBJECT DETECTION COMPUTING PADA GOOGLE CLOUD PLATFORM DENGAN DOCKER DAN FLASK API 2024-02-27T04:25:07+00:00 Christopher Kevin Herijanto christopher.herijanto@student.ukdc.ac.id <p>Perkembangan teknologi telah memunculkan tantangan dan peluang baru dalam penerapan aplikasi deteksi objek. Penelitian ini memberikan peran inovatif Cloud Computing dalam mengatasi kendala infrastruktur pada aplikasi deteksi objek yang belum serverless. Penelitian ini memberikan pengakuan terhadap pentingnya adaptasi aplikasi deteksi objek yang serverless, mengurangi ketergantungan infrastruktur, dan meningkatkan efisiensi. Penggunaan Tensorflow Object Detection sebagai model objek deteksi yang menggunakan teknik deep learning menjadi titik fokus dalam penelitian ini. Google Cloud Platform juga menyediakan layanan yang berperan penting dalam aplikasi ini seperti Cloud Run, Container Registry, dan Compute Engine. Hasil penelitian ini menyoroti peran Google Cloud Compute Engine dalam menjalankan aplikasi Tensorflow Object Detection, menekankan pada keunggulan infrastruktur serverless dalam aplikasi ini.</p> 2024-02-20T06:48:07+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ukdc.ac.id/index.php/sintekdc/article/view/521 ANALISA DAN PERANCANGAN METAVERSE KAMPUS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS : KAMPUS UNIVERSITAS KATOLIK DARMA CENDIKA) 2024-02-21T03:49:10+00:00 Paulus William Siswanto paulwiliam1412@gmail.com Ryan Putranda Kristianto ryan@ukdc.ac.id <p>Penelitian ini mengeksplorasi pemanfaatan teknologi Virtual Reality (VR) dalam pengembangan metaverse kampus dengan pendekatan Design Thinking di Universitas Katolik Darma Cendika Surabaya (UKDC). Dengan fokus pada pengalaman pengguna (UX), penelitian ini melibatkan tahapan Design Thinking, mulai dari Empathize hingga Test. Melalui analisis Empathize terhadap ketersediaan dan pemanfaatan ruang terbuka hijau di kampus, penelitian mendefinisikan konsep metaverse yang unik untuk UKDC. Tahap Ideate menghasilkan ide-ide kreatif untuk fitur, antarmuka pengguna, dan pengalaman yang diinginkan. Proses Prototype menggunakan Unity sebagai mesin permainan VR, sementara Testing melibatkan partisipasi mahasiswa dengan metode System Usability Scale (SUS). Hasil pengujian menunjukkan nilai rata-rata SUS sebesar 72,1875, kategori baik. Saran penelitian mencakup optimalisasi aspek-aspek UI, responsivitas, dan fungsionalitas untuk meningkatkan daya tarik metaverse. Melibatkan partisipasi pengguna lebih aktif juga dianjurkan guna memahami kebutuhan khusus mahasiswa UKDC. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi positif dalam mengembangkan metaverse kampus yang sesuai dengan karakteristik lingkungan pendidikan tersebut.</p> 2024-02-20T06:49:05+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ukdc.ac.id/index.php/sintekdc/article/view/522 PERANCANGAN DESAIN PROTOTYPE APLIKASI TELINGAKITA DENGAN BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING 2024-02-21T03:50:51+00:00 padmavati Darma Putri tanuwijaya vavapadmavati84@gmail.com Jhonatan Laurensius Tjahjadi jhonatan.tjahjadi@student.ukdc.ac.id Ryan Putranda Kristianto ryan@ukdc.ac.id Yulia Wahyuningsih yulia@ukdc.ac.id <p>Penyandang disabilitas kelainan dalam pendengaran atau tunarungu memberikan dampak yang besar dalam komunikasi sehari hari dan bahasa isyarat menjadi salah satu jembatan untuk mereka melakukan komunikasi. Namun, pembelajaran Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) masih mengalami tantangan dalam sumber daya informasi yang tidak cukup luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototype aplikasi TelingaKita menggunakan metode Design Thinking yang berfokus pada tingkat usability serta tampilan visual kebudayaan Indonesia. Hasil pengujian menggunakan System Usability Scale (SUS) kepada responden, menunjukan respon yang positif dengan tingkat usability yang tinggi dengan nilai 84%.</p> 2024-02-20T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ukdc.ac.id/index.php/sintekdc/article/view/524 ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI MOBILE NUZANTARA DALAM MEMPERTAHANKAN TRADISI NUSANTARA MENGGUNAKAN PENDEKATAN DESIGN THINKING 2024-02-21T03:54:52+00:00 Mario Anugraha Agung Eka Tjandra marioanugraha00@gmail.com Ryan Putranda Kristianto ryan@ukdc.ac.id <p>Indonesia merupakan negara berkembang dengan memiliki beragam kebudayaan. Namun terdapat sebagian masyarakatnya yang kurang memahami kebudayaan yang ada di Indonesia terlebih untuk masyarakat usia dini. Karena itu diperlukan solusi inovatif dan dalam mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini memfokuskan pada perancangan aplikasi Nuzantara berupa mobile Android menggunakan framework Flutter. Pendekatan ini diharapkan dapat menciptakan antarmuka yang memudahkan pengguna untuk mengeksplorasi berbagai aspek tradisi Nusantara. Pengujian yang dilakukan melibatkan pengguna target untuk mengidentifikasi kelemahan melalui partisipasi responden pengguna yang memberikan umpan balik menggunakan Google Form. Hasil pengujian berbasis kuantitatif ini menunjukkan respon yang positif dengan tingkat usability yang tinggi dengan persentase 81%.</p> 2024-02-20T06:51:05+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ukdc.ac.id/index.php/sintekdc/article/view/526 PENGEMBANGAN APLIKASI GAME CONGKLAK DENGAN ANDROID DAN FRAMEWORK FLUTTER 2024-02-21T04:03:25+00:00 Louis Maximillian louis.maximillian@student.ukdc.ac.id Yohanes Junardi Palis yohanes.palis@student.ukdc.ac.id Andre Hartanto andre.hartanto@ukdc.ac.id <p>Penelitian ini mengembangkan aplikasi game Congklak menggunakan Android dan framework Flutter. Tujuannya adalah memperkenalkan aplikasi game Congklak yang interaktif dan menyenangkan kepada pengguna Android, serta menguji potensi penggunaan framework Flutter dalam pengembangan aplikasi game. Metode penelitian ini meliputi desain aplikasi, Implementasi, dan pengujian Program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan aplikasi game Congklak menggunakan Android dan Flutter cukup berhasil menciptakan aplikasi yang interaktif dan efisien. Penelitian ini berkontribusi dalam mengembangkan aplikasi game Congklak berbasis Android dengan menggunakan Flutter.</p> 2024-02-20T06:51:45+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.ukdc.ac.id/index.php/sintekdc/article/view/529 Sentiment Analysis of Society Towards the Royalty Cases of Ahmad Dhani and Once Mekel Using Naïve Bayes 2024-02-27T04:23:47+00:00 Yosef Alfredo Khawarga yosef.alfredo@student.ukdc.ac.id Yosefina Finsensia Riti yosefina.riti@ukdc.ac.id <p><em>In the case of royalties, this has become a topic of conversation which has raised pros and cons among the public on social media, namely on the Twitter platform. Through this public opinion, the reader can find out how the community thinks regarding the problems and royal dispute between Ahmad Dhani and Once Mikel. Opinions or opinions from the public or netizens on Twitter social media can be classified into positive, negative or neutral opinions, so that they can require sentiment analysis. There are several stages in this study using the R programming language starting from data collection which was carried out by collecting tweet data on social media Twitter as many as 300 tweets related to the cases of royalty Ahmad Dhani and Once Mekel, then pre-processing was carried out to look for words words that often appear in tweets. The last step is to use the K-Means method as a process of sorting or grouping 3 word clusters with the words often, moderate and rarely used in tweets. By testing based on the word tweet obtained an accuracy rate of 62.6% while testing based on daily tweets obtained an accuracy rate of 65.3%.</em></p> <p><strong>Keywords:</strong><strong><em>&nbsp;K-Means, Tweets, Royalties, Sentiment Analysis.</em></strong></p> 2024-02-27T04:19:43+00:00 ##submission.copyrightStatement##