Analisa SWOT Sebagai Dasar Penetapan Strategi Pemasaran Cat Tembok PT. Propan Raya Cabang Surabaya Dalam Memasuki Pasar Di Surabaya

  • John Maranata Rau Universitas Katolik Darma Cendika
  • Bruno Hami Pahar Universitas Katolik Darma Cendika
Keywords: strategi, pemasaran, SWOT

Abstract

Cat tembok PT Propan Raya diproduksi pertama kali pada tahun 1997. Yakni rangkaian cat Decor yang berkualitas tinggi dan cat tembok Eco Emulsion yang lebih ekonomis. Sejak pertama kali diproduksi cat Decor dan Eco Emulsion tidak langsung dijual bebas di pasar. Melainkan hanya pada segmenproject. Hal ini dimaksudkan untuk menguji kualitas cat-cat tersebut. Kmena memang yang diutamakan dari setiap produk PT Propan Raya adalah kualitas. Dua belas tahun kemudian, tepatnya Pada Mei 2009, cat tembok PT Propan Raya diluncurkan ke pasar ritel (toko), sebanyak 5 merek yaitu, D6corflex, D6corshield, Ddcorsafe, Decorcryl dan Eco Emulsion. Masa 12 (dua belas) tahun dimanfaatkan untuk melakukan perbaikan dan peningkatan kualitas terus menerus. Bukti kualitas cat tembok PT Propan Raya adalah yang terbailq dimana telah digunalran dalam proyek-proyek perumahan mewah Surabaya, seperti Perumahan Galaxy, dan Perumahan Citraland. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisa lingkungan yang telah dilakukan ditarik kesimpulan PT Propan Raya mempunyai peluang yang cukup besar dalam memasarkan cat tembok di Surabaya mencapai angka 3237. Kompetisi pasar yang dinamis merupakan sebuah peluang besar. PT Propan Raya dapat menjadikan pesaing sebagai alat pembanding potensi diri untuk dapat memperbaiki dan melengkapi kekurangan yang ada. Sehingga perusahaan mampu mengelola segala sumber daya dan kemampuan secara optimal agar efisiensi dan efektivitas tujuan perusatraan dapat tercapu. Analisis yang dilalcukan menuqiukkan kekuatan yang dimiliki PT Propan Raya sangat besar yaitu sebesar 4gl4 (tabel4.5). Kualitas produk yang sangat tinggi dibanding produk pesaing meliputi hidding power, dirty shield dan alkaly resisting. Strategi yang tepat untuk diterapkan oleh perusahaan adalah kebijakan pertumbuhan yang agresif (Growth Oriented Strateg). Dengan fokus pengembangan kebijakan pada peningkatan layanan kepada konsumen dan peningkatan promosi pada media masa cetak dan elekfronik serta pada internet (online marketing). Penentuan strategi ini berdasarkan pada hasil penelitian yang menunjukkan bahwa perusahaan berada pada kuadran I. Pada kuadran ini, PT Propan Raya dalam penetapan kebijakan-kebijakan pemasaftm dibuat berdasarkan jalan pikiran perusahaan yaitu dengan menggunkan seluruh kekuatan untuk memanfaatkan peluang.

Author Biographies

John Maranata Rau, Universitas Katolik Darma Cendika

Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen 

Bruno Hami Pahar, Universitas Katolik Darma Cendika

Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen

Published
2010-01-29
How to Cite
Rau, J. M., & Pahar, B. H. (2010). Analisa SWOT Sebagai Dasar Penetapan Strategi Pemasaran Cat Tembok PT. Propan Raya Cabang Surabaya Dalam Memasuki Pasar Di Surabaya. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 2(1), Hal 58 - 75. https://doi.org/10.37477/bip.v2i1.279
Section
Articles