FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE
DOI:
https://doi.org/10.37477/bip.v15i2.435Keywords:
Keputusan Pembelian, Iklan, Foto Produk, Ulasan Produk.Abstract
Kemajuan teknologi memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi secara online. Konsumen dapat membeli barang pada berbagai macam marketplace. Shopee merupakan marketplace dengan kunjungan tertinggi di Indonesia. Salah satu kategori dari 10 produk terlaris di Shopee adalah peralatan ibu dan bayi. Penelitian ini membahas salah satu toko online yang ada pada marketplace Shopee yaitu, Kasur Bayi Hitz. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan, foto produk, dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian Kasur Bayi Hitz pada marketplace Shopee. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian pada toko online Kasur Bayi Hitz sebesar 6354 konsumen, dimana jumlah sampelnya sebanyak 98 responden. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan metode Sampel Acak Sederhana (Simple Random Sampling). Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics versi 22 dapat dikatakan, semua item pernyataan dikatakan valid, dan semua variabel dinyatakan reliabel. Hasil uji asumsi klasik dapat dikatakan, semua uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dinyatakan terpenuhi. Pada uji koefisien determinasi dilihat dari nilai Adjusted R Square dapat dikatakan kontribusi variabel iklan (X1), foto produk (X2) dan Ulasan Produk (X3) sebesar 0.336 maka kontribusinya rendah. Hasil uji hipotesis dapat dikatakan variabel iklan (X1) dan ulasan produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Kasur Bayi Hitz pada marketplace Shopee. Sedangkan variabel foto produk (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) Kasur Bayi Hitz pada marketplace Shopee.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- The author retains copyright and grants the journal rights of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution ShareAlike License License that allows others to share the work with acknowledgment of the author's work and initial publication in BIP's: Journal of Business Perspectives.
- Authors may include separate additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., submit to an institutional repository or publish in a book), with an acknowledgment of the original publication in this Journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as citations of previously published work.
Each author is expected to complete the copyright process with a document of the originality of the manuscript, the templated document is below: