FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH PADA KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE MENGGUNAKAN APLIKASI SHOPEE
Abstract
Kemajuan teknologi memudahkan konsumen untuk melakukan transaksi secara online. Konsumen dapat membeli barang pada berbagai macam marketplace. Shopee merupakan marketplace dengan kunjungan tertinggi di Indonesia. Salah satu kategori dari 10 produk terlaris di Shopee adalah peralatan ibu dan bayi. Penelitian ini membahas salah satu toko online yang ada pada marketplace Shopee yaitu, Kasur Bayi Hitz. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan, foto produk, dan ulasan produk terhadap keputusan pembelian Kasur Bayi Hitz pada marketplace Shopee. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah melakukan pembelian pada toko online Kasur Bayi Hitz sebesar 6354 konsumen, dimana jumlah sampelnya sebanyak 98 responden. Teknik pengambilan sampel dari penelitian ini menggunakan metode Sampel Acak Sederhana (Simple Random Sampling). Berdasarkan hasil pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics versi 22 dapat dikatakan, semua item pernyataan dikatakan valid, dan semua variabel dinyatakan reliabel. Hasil uji asumsi klasik dapat dikatakan, semua uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas dinyatakan terpenuhi. Pada uji koefisien determinasi dilihat dari nilai Adjusted R Square dapat dikatakan kontribusi variabel iklan (X1), foto produk (X2) dan Ulasan Produk (X3) sebesar 0.336 maka kontribusinya rendah. Hasil uji hipotesis dapat dikatakan variabel iklan (X1) dan ulasan produk (X3) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) Kasur Bayi Hitz pada marketplace Shopee. Sedangkan variabel foto produk (X2) tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y) Kasur Bayi Hitz pada marketplace Shopee.
References
Agustina, N., A. Fauzi, & I. P. Nuralam. 2018. Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Biaya Beralih, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 64, No. 1, pp. 92-101.
Andita, A. C. 2017. Pengaruh Iklan, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen. Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.
Chen, Y., X. Yan, & W. Fan. 2018. The Effects of Emotionally Appealing Advertising on Consumer Purchase Intention: The Moderating Role of Product Involvement. Journal of Business Research, Vol. 82, pp. 356-366.
Collins, A. & R. Halverson. 2018. Rethinking Education in The Age of Technology: The Digital Revolution and Schooling in America. Science Education, Vol. 94, No.6, pp. 1125-1127. https://doi.org/10.1002/sce.20415.
Damayanti, M., J. Bake, & M. Kambolong. 2020. Pengaruh Iklan dan Frekuensi Kunjungan Terhadap Pembelian Impulsif Konsumen Online Shop (Aplikasi Shopee) Pada Mahasiswi Administrasi Bisnis Universitas Halu Oleo Kendari. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 5, No.1. pp. 142-151. http://dx.doi.org/10. 52423/bujab.v5i1.12429.
Faela, S. & M. Bambang. 2016. Analisis Pengaruh Daya Tarik Iklan, Kualitas Pesan Iklan, Frekuensi Penayangan Iklan Terhadap Efektifitas Iklan Televisi Mie Sedap. Diponegoro Journal of Management, Vol. 1, No. 1, pp. 226-233.
Fauzi, S. & L. F. Lina. 2021. Peran Foto Produk, Online Customer Review, Online Customer Rating pada Minat Beli Konsumen di E-Commerce, Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, Vol. 2, No. 1.
Ferina Nurlaily, Priandhita Sukowidyanti Asmoro, & Edlyn Khurotul Aini. 2021. Pelatihan Teknik Foto Produk Menggunakan Smartphone Untuk Meningkatkan Visual Branding Usaha Rintisan. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 3, pp. 347-356.
Ilmiyah, K. & I. Krishernawan. 2020. Pengaruh Ulasan Produk, Kemudahan, Kepercayaan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee di Mojokerto. Jurnal Manajemen Program Studi Manajemen STIE Sultan Agung, Vol. 6, No. 1.
Kim, S. & J. Moon. 2017. The Effects of Product Photo Quality on Perceived Value and Purchase Intention in E-commerce. Journal of Electronic Commerce Research, Vol. 18, No. 2, pp. 156-167.
Kotler, P. & K. L. Keller. 2016. Marketing Management. 15th Edition. Pearson Pretice Hall, Inc. New Jersey.
Maulana, F. & R. D. Santy. 2021. Pengaruh Ulasan Online Terhadap Niat Beli Dengan Kepercayaan Sebagai Intervening (Studi Kasus Terhadap Pengguna Aplikasi Tokopedia di Kota Bandung), Jurnal of Economics, Management, Business, and Accounting, Vol. 1, No. 1.
Munir, M. F., S. Saroh, & D. Krisdianto. 2019. Pengaruh Foto dan Ulasan Produk Terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Pada Mahasiswa FIA Unisma Program Studi Administrasi Bisnis yang Menjadi Konsumen Online Shop Tokopedia). Jurnal Ilmu Administrasi Niaga/Bisnis, Vol. 8, No. 3, pp. 177-183.
Nafanu, S. 2020. Pengaruh Media Iklan, Pesan Iklan, dan Kreativitas Iklan Terhadap Efektivitas Iklan Dalam Menumbuhkan Brand Awarness Produk Lee Minerale Pada Masyarakat Kota Kefamenanu Kabupaten TTU, Jurnal Ekonomi Pembangunan, Vol. 5, No. 3.
Priansa, Juni. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu. CV Pustaka Setia, Bandung.
Purnama, P. A. & S. A. Tahalea. 2020. Pelatihan Fotografi Produk Untuk Iklan di Internet Saat Masa Pandemi Bersama Pemuda Tebet Melalui Daring. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, Vol. 2, No. 2.
Sahir, S. H., A. Ramadhani, & E. D. S. Tarigan. 2016. Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manejemen, Vol. 3, No. 1.
Santoso, E. D. & N. Larasati. 2019. Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, Vol. 13, No. 1.
Senggetang, V., S. L. Mandey, & S. Moniharapon. 2019. Pengaruh Lokasi, Promosi dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA, Vol. 7, No. 1.
Servanda, I. R. 2019. Peran Ulasan Produk dan Foto Produk Yang Ditampilkan Penjual Pada Marketplace Shopee Terhadap Minat Beli Pria dan Wanita. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 2, No. 2, pp. 69-79.
Shafa, P. M. & J. Hariyanto. 2020. Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran Terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online Melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Bekasi). Tesis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia. Jakarta.
Sriyanto, A. & A. W. Kuncoro. 2019. Pengaruh Brand Ambassador, Minat Beli, dan Testimoni Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Situs Jual Beli Online Shop Shopee Indonesia di Universitas Budi Luhur Periode Februari- April 2018). Jurnal Ekonomika dan Manajemen, Vol. 8, No.1.
Zhang, J., Y. Zhang, & Y. Ma. 2019. The Impact of Online Reviews on Consumer Purchase Decisions: A Study of E-commerce Platforms. Electronic Commerce Research, Vol. 19, No. 3, pp. 591-615.
Copyright (c) 2023 Citra Anggraini T
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- The author retains copyright and grants the journal rights of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution ShareAlike License License that allows others to share the work with acknowledgment of the author's work and initial publication in BIP's: Journal of Business Perspectives.
- Authors may include separate additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., submit to an institutional repository or publish in a book), with an acknowledgment of the original publication in this Journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as citations of previously published work.
Each author is expected to complete the copyright process with a document of the originality of the manuscript, the templated document is below: