Keberlanjutan Bisnis di New Normal dengan Instagram Marketing
Abstract
Kondisi new normal yang dihadapi dunia bisnis dimana kondisi perekonomian belum sepenuhnya pulih membuat pemain bisnis harus memikirkan strategi baru supaya konsumen tetap memilih produk/jasa perusahaannya sehingga roda bisnisnya tetap bisa beroperasi. Suatu Lembaga Bahasa dimana penulis melakukan penelitiannya, memilih untuk melakukan strategi pemasaran melalui pemasaran Instagram karena sosial media saat ini bisa menjangkau masyarakat secara lebih luas dimanapun dan kapanpun. Selain itu pemasaran instagram juga dipilih karena target pasar Lembaga tsb merupakan anak muda yang saat ini banyak menggunakan sosial media, khususnya Instagram. Penelitian yang ditulis ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada suatu lembaga bahasa yang ada di Surabaya. Data yang digunakan mulai Maret 2019 hingga pertengahan 2022. Data tsb didapat penulis melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam kepada karyawan dan analisa dokumen. Data tsb kemudian dilakukan triangulasi untuk mendapatkan validitas. Dari hasil analisa penelitian, penulis melihat bahwa pengunaan konten Instagram secara tematik sesuai dengan layanan jasa yang ada di Lembaga Bahasa tsb serta pengunaan alat pada feed dan story yang disesuaikan dengan kesukaan pengikut akun Lembaga Bahasa, terbukti efektif dalam menjalin komunikasi yang interaktif sehingga jumlah konsumen Lembaga Bahasa tsb terjadi peningkatan dengan kata lain Lembaga tsb masih bisa meraih keuntungan.
Kata kunci: Keberlanjutan usaha, pemasaran instagram, new normal
Copyright (c) 2024 Devi Rachmasari Rachmasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- The author retains copyright and grants the journal rights of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution ShareAlike License License that allows others to share the work with acknowledgment of the author's work and initial publication in BIP's: Journal of Business Perspectives.
- Authors may include separate additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., submit to an institutional repository or publish in a book), with an acknowledgment of the original publication in this Journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as citations of previously published work.
Each author is expected to complete the copyright process with a document of the originality of the manuscript, the templated document is below: