Keberlanjutan Bisnis di New Normal dengan Instagram Marketing
Abstract
Kondisi new normal yang dihadapi dunia bisnis dimana kondisi perekonomian belum sepenuhnya pulih membuat pemain bisnis harus memikirkan strategi baru supaya konsumen tetap memilih produk/jasa perusahaannya sehingga roda bisnisnya tetap bisa beroperasi. Suatu Lembaga Bahasa dimana penulis melakukan penelitiannya, memilih untuk melakukan strategi pemasaran melalui pemasaran Instagram karena sosial media saat ini bisa menjangkau masyarakat secara lebih luas dimanapun dan kapanpun. Selain itu pemasaran instagram juga dipilih karena target pasar Lembaga tsb merupakan anak muda yang saat ini banyak menggunakan sosial media, khususnya Instagram. Penelitian yang ditulis ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada suatu lembaga bahasa yang ada di Surabaya. Data yang digunakan mulai Maret 2019 hingga pertengahan 2022. Data tsb didapat penulis melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam kepada karyawan dan analisa dokumen. Data tsb kemudian dilakukan triangulasi untuk mendapatkan validitas. Dari hasil analisa penelitian, penulis melihat bahwa pengunaan konten Instagram secara tematik sesuai dengan layanan jasa yang ada di Lembaga Bahasa tsb serta pengunaan alat pada feed dan story yang disesuaikan dengan kesukaan pengikut akun Lembaga Bahasa, terbukti efektif dalam menjalin komunikasi yang interaktif sehingga jumlah konsumen Lembaga Bahasa tsb terjadi peningkatan dengan kata lain Lembaga tsb masih bisa meraih keuntungan.
Kata kunci: Keberlanjutan usaha, pemasaran instagram, new normal
Copyright (c) 2024 Devi Rachmasari Rachmasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal tentang publikasi pertama dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution ShareAlike License yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam BIP’s: Jurnal Bisnis Perspektif .
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan sebuah pengakuan atas publikasi awalnya di Jurnal ini
- Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Di repository institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya