Keberlanjutan Bisnis di New Normal dengan Instagram Marketing

  • Devi Rachmasari Rachmasari Politeknik Ubaya
Keywords: Keberlanjutan usaha, pemasaran instagram, new normal

Abstract

Kondisi new normal yang dihadapi dunia bisnis dimana kondisi perekonomian belum sepenuhnya pulih membuat pemain bisnis harus memikirkan strategi baru supaya konsumen tetap memilih produk/jasa perusahaannya sehingga roda bisnisnya tetap bisa beroperasi. Suatu Lembaga Bahasa dimana penulis melakukan penelitiannya, memilih untuk melakukan strategi pemasaran melalui pemasaran Instagram karena sosial media saat ini bisa menjangkau masyarakat secara lebih luas dimanapun dan kapanpun. Selain itu pemasaran instagram juga dipilih karena target pasar Lembaga tsb merupakan anak muda yang saat ini banyak menggunakan sosial media, khususnya Instagram. Penelitian yang ditulis ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus pada suatu lembaga bahasa yang ada di Surabaya. Data yang digunakan mulai Maret 2019 hingga pertengahan 2022. Data tsb didapat penulis melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam kepada karyawan dan analisa dokumen. Data tsb kemudian dilakukan triangulasi untuk mendapatkan validitas. Dari hasil analisa penelitian, penulis melihat bahwa pengunaan konten Instagram secara tematik sesuai dengan layanan jasa yang ada di Lembaga Bahasa tsb serta pengunaan alat pada feed dan story yang disesuaikan dengan kesukaan pengikut akun Lembaga Bahasa, terbukti efektif dalam menjalin komunikasi yang interaktif sehingga jumlah konsumen Lembaga Bahasa tsb terjadi peningkatan dengan kata lain Lembaga tsb masih bisa meraih keuntungan.

 

Kata kunci: Keberlanjutan usaha, pemasaran instagram, new normal

Published
2024-01-30
How to Cite
Rachmasari, D. (2024). Keberlanjutan Bisnis di New Normal dengan Instagram Marketing. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 16(1), 41 - 52. https://doi.org/10.37477/bip.v16i1.510
Section
Articles