Pengaruh Shopping Lifestyle, Promosi, dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying KKV Store Tunjungan Plaza Surabaya
Abstract
Keberadaan bisnis ritel saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat pesat dan salah satu bisnis ritel yang ada adalah KKV Store. KKV Store dituntut untuk terus melakukan strategi serta mempertahankan keinginan serta kebutuhan dari para konsumen sehingga konsumen akan tertarik untuk melakukan pembelian walaupun tidak direncanakan sebelumnya. Penelitian ini memiliki untuk melihat apakah shopping lifestyle, promosi, dan store atmosphere berpengaruh terhadap impulse buying KKV Store Tunjungan Plaza Surabaya. Penelitian dilakukan secara secara kuantitatif dan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Sebanyaka 75 responden menjadi sampel pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Alat statistik penelitian ini yaitu SPSS versi 23. Hasil penelitian yaitu variabel shopping lifestyle memiliki pengaruh yang signifikan pada impulse buying dengan t hitung 2,999 > 1,993 dan nilai signifikansi 0,004 < 0,05 . Variabel promosi berpengaruh signifikan terhadap impulse buying dengan t hitung 2,388 > 1,993 dan nilai signifikansi 0,020 < 0,05. Sedangkan variabel yang tidak memiliki pengaruh terhadap impulse buying adalah store atmosphere dengan t hitung -0.111 < 1,993 dan nilai signifikansi 0,912 > 0,05.
References
Amrulloh, K. 2019. Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Toko Three Second Jalan Soekarno Hatta Malang. E-Jurnal Riset Manajemen, Vol. 8, No. 20
Anggraini, I. D., dan Sulistyowati, R. 2020. Pengaruh Visual Merchandising Dan Store Atmosphere Terhadap Perilaku Impulse Buying (Studi Kasus Pada Konsumen Miniso Di Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1).
Arikunto, S. 2019. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Artana, I. P. W., Wisesa, I. G. B. S., Setiawan, I. K., Utami, N. L. P. M. P., Yasa, N. N. K., & Jatra, M. 2019. Pengaruh Store Atmosphere, Display Product, dan Price Discount Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Indomaret di Kota Denpasar). E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 4, 369. https://doi.org/10.24843/eeb.2019.v08.i04.p03
Atmajaya, H., Achsa, A., dan Sijabat, Y. P. 2023. Pengaruh Sales Promotion, Store Atmosphere, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Alfamart Kota Magelang. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis (JIMBI), 4(1), 98-105.
Berman, B., Evans, J. R., dan Chatterjee, P. 2018. Retail Managament A Strategic Approach, Global Edition, (13th ed), UK: Pearson
Berman, B., dan Evans, J. R, 2010, Retail Management, Eleventh Edition, Prentice Hall, New Jersey.
Buchari, A. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa (Edisi Revisi). Bandung: PT. Alfabeta.
Chan, G. F., Akhmad, I., dan Hinggo, H. T. 2022. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-commerce Shopee di Pekanbaru. ECOUNTBIS: Economics, Accounting and Business Journal, 2(1), 151-159. https://jom.umri.ac.id/index.php/ecountbis/article/view/400
Daulay, R., Handayani, S., dan Ningsih, I. P. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1(1).
Effendi, S., Faruqi, F., Mustika, M., dan Salim, R. 2020. Pengaruh Promosi Penjualan, Electronic Word of Mouth dan Hedonic Shopping Motivation Terhadap Pembelian Impulsif Pada Aplikasi Shopee (Studi Kasus Pada Mahasiswa STEI Indonesia). Jurnal Akuntasi dan Manajemen, 17(02), 22–31.
Fauziyyah, A. N., dan Oktafani, F. 2018. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior. JURISMA: Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 8(1), 1-14. https://doi.org/10.34010/jurisma.v8i1.994.
Firmansyah. 2019. Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Ghozali, P. H. I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS 25 (9th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
In’am, M. F., Suharyono, dan Yulianto, E. 2016. Analisis Faktor – Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pembelian Impulsif (Survei Pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian Impulsif di Distro 3Second Cabang Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 36(1), 92-100.
Isnaini, N. S., dan Noerchoidah. 2021. Miniso Royal Plaza Surabaya Consumer Impulse Buying Behavior. Journal of Applied Management and Business (JAMB), 2(1), 1-11. https://doi.org/10.37802/jamb.v2i1.152.
Kotler, Keller, (2016), Marketing Management, 14th Edition, United States : Pearson
Latief, A. 2018. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 7(1), 90–99. https://doi.org/10.33059/jmk.v7i1.756.
Maulana, R. I. 2018. Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Shopping Emotion dan Impulse Buying. Jurnal Ecodemica. Vol. 2 No. 2
Noor, I., Alhidayatullah, M., dan Khairul, A. 2023. Dimensions of Service Quality in Influencing Customer Satisfaction. Adpebi International Journal of Multidisciplinary Sciences, 2(2), 189-197. https://doi.org/10.54099/aijms. v2i2.656.
Poluan, F. J., Tampi, J. R. E., dan Mukuan, D. S. 2019. Pengaruh Hedonic Shopping Motives dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying Konsumen DI Matahari Department Store Manado Town Square. Jurnal Administrasi Bisnis, 8 (2), 2019
Pradina, A. 2016. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Matahari Department Store Kota Malang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB (online), 4(2). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/3209.
Prakoso, S. T., Khasanah, A. U., Danuri, A., Insani, K. A., dan Yuniarti, U. 2022. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kinerja Ritel Pada Sampoerna Retail Community di Soloraya. JIMAT: Jurnal Ilmu Manajemen Retail, 3(1), 12-24. https://doi.org/10.37150/jimat.v3i1.1476.
Prayoga, I. M. S. 2021. Pengaruh Store Atmosphere, Promotion, dan Merchandising Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan Clandy’s Cabang Buluh Indah Denpasar. Jurnal Ilmu Manajemen JUIMA, 11(1), 87-95.
Prasetyo, W., Yulianto, E., dan Kumadji, S. 2016. Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Hedonic Shopping Value dan Impulse Buying (Survei Pada Konsumen Matahari Department Store Malang Town Square). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 39(2), 127-134
Priyatna, S. E. 2020. Analisis Statistik Sosial Rangkaian Penelitian Kuantitatif Menggunakan SPSS (J. Simamarta (ed.); 1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Qammaidha, L. N., dan Purwanto, S. 2022. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Hedonic Consumption Terhadap Impulse Buying Pada Tokopedia. NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 9(1) : 69-76.
Rahma, A. 2021. Pengaruh Shopping Lifestyle Terhadap Kepuasan Saat Berbelanja Di Online Shop Lazada Dengan Impulsive Buying Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Riyanti, A. 2021. Pengaruh Store Atmosphere Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Indomaret Kota Magelang Universitas Tidar. Skripsi.
Riyanto, S., dan Hatmawan, A. A. 2020. Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. Deepublish.
Satria, A., dan Trinanda, O. 2019. Pengaruh Promosi dan Website Quality Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Lazada Di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 463. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7418.
Sopiyan, dan Kusumadewi. 2020. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 11(3), 207–216. https://doi.org/10.32670/coopetition.v11i3.115.
Surveyandini, M. 2021. Analisis Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Impulse Buying Pada Konsumen Karita Muslim Square Purwokerto. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1), 277-281.
Syahputra, R. R., dan Herman, H. 2020. Pengaruh Promosi dan Fasilitas Terhadap Keputusan Menginap di Os Hotel Batam. Jurnal Ilmiah Kohesi, 4(3), 81-89
Trifiyanto, K. 2019. Pengaruh Dimensi Online Visual Merchandising dan Promosi Penjualan Online Terhadap Impulse Buying. Jurnal HUMMANSI (Humaniora, Manajemen, Akuntansi), 2(September), 29–37.
Utami, C. W. (2017). Manajemen ritel : Strategi dan implemantasi operasional bisnis ritel modern di Indonesia(3rd ed., Vol. 1). Salemba Empat.
Warnadi dan Aristriyono. 2019. Manajemen Pemasaran (Edisi 1). CV Budi Utama.
Zayusman, F., & Septrizola, W. (2019). Pengaruh Hedonic Shopping Value dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying pada Pelanggan Tokopedia di Kota Padang. Jurnal Kajian Manajemen Dan Wirausaha, 1(1), 360–368.
Copyright (c) 2024 Elizabeth Kharisma Ajeng Sekarrini, Citra Anggraini T
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- The author retains copyright and grants the journal rights of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution ShareAlike License License that allows others to share the work with acknowledgment of the author's work and initial publication in BIP's: Journal of Business Perspectives.
- Authors may include separate additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the published version of the journal (e.g., submit to an institutional repository or publish in a book), with an acknowledgment of the original publication in this Journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as citations of previously published work.
Each author is expected to complete the copyright process with a document of the originality of the manuscript, the templated document is below: