Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Shopping Lifestyle Terhadap Impluse Buying Behavior Dalam Pembelian Produk Skincare Skintific Pada Pengguna Shopee Di Surabaya

  • Yosephine Suharyanto Universitas Katolik Darma Cendika
  • Deograsias Yoseph Yustinianus Ferdinand Universitas Katolik Darma Cendika
Keywords: promosi, kualitas produk, shopping lifestyle, impulse buying behavior

Abstract

Kehadiran tren belanja online memberikan dampak pada terjadinya impulse buying behavior yang disebabkan kemudahan dan praktisnya dalam bertransaksi.. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai pengetahuan dan analisis tentang Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Behavior Dalam Pembelian Produk Skincare Skintific Pada Pengguna Shopee Di Surabaya. Metode penelitian ini menggunakan kuesioner yang telah disebarkan melalui google form dengan menggunakan teknik purposive sampling atau menentukan responden berdasarkan karakteristik yang ditetapkan. Untuk jumlah responden dari penelitian ini sebanyak 75 responden berumur 17 hingga 25 tahun dengan syarat bertempat tinggal di Surabaya dan pernah membeli produk skincare Skintific di platform Shopee. Berdasarkan hasil olah data menggunakan SPSS 25 dapat disimpulkan bahwa setiap pernyataan menunjukkan hasil yang valid dan seluruh variabel dinyatakan reliabel. Serta pada uji asumsi klasik dapat disimpulkan bahwa setiap variabel telah memenuhi syarat tersebut. Hasil dari uji t menunjukkan hasil bahwa promosi, kualitas produk dan shopping lifestyle memiliki nilai r hitung > r tabel dan sign. < 0,05 sehingga dapat disimpulkan setiap variabel berpengaruh secara positif dan signifikan.

References

Alma.B. 2019. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Angela, V., dan Paramita, E.L. 2020. Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Manajemen. Volume 10. Nomor 2.
Anggraini, N. A., dan Anisa, F. 2020. Pengaruh Shopping Lifestyle Dan Fashion Involvement Terhadap Impulsif Buying Pada Konsumen Shopee Fashion Magelang Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi. UM Magelang Conference Series, 317–327.
Annur, C.M., 2022. Ragam Produk Yang Paling Banyak Dibeli Konsumen Perempuan Saat Halbonas. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/11/09/survei-konsumen-perempuan-paling-banyak-berburu-produk-kecantikan-saat-harbolnas. (diakses pada tgl 26 September 2023; pk. 18.00)
Arfianti, R. dan Gunawan. 2020. Perilaku Impulse Buying dan Interaksi Sosial Dalam Pembelian di Masa Pandemi. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, Vol. 5, No. 1, 52.
Budiman, J., dan Steven, S. 2021. Analisis Strategi Bauran Pemasaran Pada Pelanggan PT. Nusantara Surya Sakti Cabang Pontianak. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 5(1), 94- 102.
Chan, G.F., Akhmad, I., dan Hinggo, H.T. 2022. Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-commerce Shopee Di Pekanbaru. Economics, Accounting and Business Journal, Vol. 2 No.1, Januari 2022 Hlm.151-159.
CNN Indonesia. 2023. https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20230227194144-307-918563/viral-skintific-skincare-paling-diburu-dan-raih-banyak-penghargaan (diakses tgl. 8 Oktober 2023; Pk. 12.18)

Compas. 2023.Business Forecasting Adalah.https://compas.co.id/article/business-forecasting-adalah/ (diakses Tgl. 30 Mei 2023 ; Pk. 17.00)
Daulay, R., Handayani, S., dan Ningsih, P.I., 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Store Atmosphere dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Konsumen Department Store di Kota Medan. Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi (KNEMA). ISSN: 2776-1177
Duli, N. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif : Beberapa Konsep Dasar untuk Penulisan Skripsi & Analisis Data dengan SPSS. CV. Budi Utama. Yogyakarta
Effendi, N., Ginting, S. O., & Halim, J. 2020. Citra Merek , Kualitas Produk , Promosi , Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen. 11(2).
Febrianty, Putu Ayu Trisna, dan Yasa, Ni Nyoman Kerti. 2020. The Effect Of The Store’s Atmosphere, Emotional Shopping, And Shopping Lifestyle On Impulse buying (Study On Miniso Retail Customers In Denpasar City). American Journal Of Humanities And Social Sciences Research (Ajhssr), 4(11), 38–48.
Ferdinand, A.,2013, Metode Penelitian Manajemen, Pedoman Penelitian Untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi Kedua, Badan Penerbit Universitas DIponegoro, CV. Indoprint, Semarang

Firmansyah, A. 2019. Pemasaran Produk dan Merek: Planning dan Strategy. Surabaya: Qiara Media.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Ginting, S.S.BR, 2019. Pengaruh Diskon Harga Terhadap Keputusan Pembelian Impulsif Secara Online (Studi pada Pengguna Aplikasi Lazada di Kecamatan Pancur Batu). Skripsi. Medan: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumata Utara
Gunawan, S., dan Ardyan, E., 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mark.On.Id. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 6, No. 2
Hikmah. 2020. Pengaruh Harga, Promosi dan Kualitas Produk Terhadap Pembelian Impulsif di Kota Batam. Journal of Business and Economics Research. Vol 1. No. 2
Hutabarat, Y.P. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Brand Image dan Life Style terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Wanita pada Brand Valino Donna di Parkson Medan. Jurnal Manajemen Dan Akuntasi Medan 20(20), 17
Irawan, D.O. 2021. Pengaruh Shopping Lifestyle, Discount, Fashion Involvement, Hedonic Shopping Motivation, dan Promosi Penjualan Terhadap Impulse Buying (Studi Kasus Pada Mahasiswi Yang Pernah Berkunjung Ke Center Point Di Mall Olympic Garden Malang). Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.
Ittaqullah, N., Madjid, R., dan Suleman, R.N. 2020. The Effects Of Mobile Marketing, Discount, And Lifestyle On Consumers' Impulse Buying Behavior In Online Marketplace. International Journal of Scientific and Technology Research 9 (03):1569-1577
Kotler, P., & Armstrong, G. 2018. Principles of Marketing Global Edition 17th Edition. London: Pearson Education.
Latief, A. 2018. Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi terhadap Minat Beli Konsumen pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir di Kota Langsa). Jurnal Manajemen dan Keuangan. Vol.7, No.1.
Listriyani, & Wahyono. 2019. The Role Of Positive Emotion In Increasing Impulse Buying. Management Analysis Journal, 8(3), 312-320.
Marbun, S.I.K., dan Saputra, A. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Maxim Di Kota Batam. Scientia Jurnal Ilmiah Mahasiswa. Vol. 5 No. 1.
Mardikantoro, A., dan Wibowo, S. 2018. Pengaruh Elctronick Word Of Mouth Pada Instagram Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Tio Kingdom Sablon Di Bandung Tahun 2018). eProceedings of Applied Science 4(2).
Maulana, B.S., 2020. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Impulsif Serta Dampaknya Pada Minat Beli Ulang (Studi Empiris Pada Pengguna Shoope.Co.Id Di Kota Surakarta). Naskah Publikasi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Surakarta
Maulana, M.I.N., 2021. Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Artfresh. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis. Volume 5, Nomor 6. 512-521
Nafilah. 2023. Tinggal 8 Jam! Skintific dan Somethinc Geber Promo 9.9 Gila-Gilaan, Sunscreen Jadi Rp 49.000. https://harian.disway.id/read/724452/tinggal-8-jam-skintific-dan-somethinc-geber-promo-99-gila-gilaan-sunscreen-jadi-rp-49000. (diakses tgl 8 Oktober 2023; Pk. 11.55)
Ningrum, P.A.D., dan Pudjoprastyono. 2023. Shopping Lifestyle Dan Diskon Terhadap impulse Buying di E-Commerce. Journal of Management and Bussines (JOMB) DOI:10.31539/jomb.v5i1.5057
Nurhidayati, A.D. 2023. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Electronic Word Of Mouth Instagram Terhadap Impulsive Buying Mahasiswa Febi Iain Ponorogo. Skripsi. Ponorogo: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Padmasari, D., dan Widyastuti, W., 2022. Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Pengguna E-Commerce. Jurnal Ilmu Manajemen. Vol. 10, No 1.
Pamungkas, N.T., 2020. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi Penjualan Dan Harga Ditinjau Dari Konsep Islam Terhadap Impulse Buying Pembelian Busana (Studi Kasus Pada Konsumen Di Matahari Department Store Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Uin Walisongo
Prasetia, K.H., 2020. Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Promotion, Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Shopee (Studi Empiris Pada Mahasiswa UMMagelang. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Purwati, A.A., Yusrizal., dan Ramadhani, I.C. 2019. Pengaruh Life Style, Kualitas Produk Dan Store Image Terhadap Keputusan Pembelian. Journal of Management and Bussines. Vol. 1, No.1
Putra, R.A., dan Suryadi.N. 2020. Pengaruh Visual Merchandising, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Behavior (Studi Pada Konsumen Miniso Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB
Putri, A. P. 2023. Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Pelanggan E-Commerce Shopee Di Kecamatan Medan Sunggal. Skripsi. Medan: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis. Universitas Medan Area.
Putri, V.K.M, dan Gischa, S. 2022. Dampak Kemajuan Teknologi Di Bidang Sosial Dan Budaya. https://www.kompas.com/skola/read/2021/04/09/142234669/dampak-kemajuan-teknologi-di-bidang-sosial-dan-budaya?page=all (diakses tgl. 30 Mei 2023 ; Pk. 16.50)

Populix. 2020. Riset Populix: Tren Belanja Online Masyarakat Indonesia
https://info.populix.co/articles/tren-belanja-online-masyarakat-indonesia/ (diakses tgl. 30 Mei 2023; Pk. 17.45)
Rahmawati, A., 2018. Pengaruh Hedonic Shopping Motivation Dan Promosi Penjualan Terhadap Emosi Positif Dan Dampaknya Terhadap Pembelian Impulsif Dalam E-Commerce Berrybenka.Com. Skripsi. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.Uin Syarif Hidayatullah Jakarta
Rozi, I.A., 2021. Pengaruh Harga, Keragaman Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. e-ISSN: 2461-0593
Salam.A., Azzahra, A., Kamal, H.A., dan Wibowo, W.F. 2022. Pengaruh Promosi, Brand Image Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Di Shopee (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Margoluwih, Sleman) Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia Vol. XII No. 2, Desember 2022/1444 H : 116-122
Satria, A., dan Trinanda, O. 2019. Pengaruh Promosi dan Website Quality Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Lazada di Kota Padang. Jurnal Ecogen, 2(3), 463. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i3.7418
Satrio, D.C., Sabana., dan M.Feranita. 2020. The Effect Of Shopping Lifestyle, Sales Promotion Attractiveness And Understanding Of Quality Website. International Journal Of Economic And Business. 1(2): 99–104. https://ijeba.makarioz.org/index.php/ijeba/article/download/44/31.
Setiawan, M., 2023. Siapa Pemilik Skintific, Produk Skincare yang Lagi Viral di TikTok. https://lintasbabel.inews.id/read/250264/siapa-pemilik-skintific-produk-skincare-yang-lagi-viral-di-tiktok (diakses tgl 14 November 2023; Pk 12.01)
SimilarWeb. 2023. Website Performance ,Website Analyze, Overview. https://pro.similarweb.com/#/digitalsuite/websiteanalysis/overview/websiteperformance/*/999/3m?webSource=Total&key=shopee.co.id,tokopedia.com,lazada.co.id,blibli.com,bukalapak.com. (diakses tgl 8 Oktober 2023; Pk 12.45)

Sitanggang, F.A., Putri, D.E., dan Sitanggang, P.A. 2021. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Program Studi Manajemen Jenjang Strata-1 pada Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri di Kota Jambi. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 5(1). Hal 117-131.

Sucidha, I. 2019. Pengaruh Fashion Involvement, Shopping Lifestyle, Hedonic Shopping Value Dan Positive Emotion Terhadap Impulsebuying Produk Fashion Pada Pelanggan Duta Mall Banjarmasin. Al-Tadbir Jurnal Ilmiah Manajemen. Volume 3. Nomor 1.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan ke 24. Bandung: Alfabeta.
_________, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, CV, Bandung, 60,130,
_________, 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiharto. 2022. Memanfaatkan E-commerce Dengan Benar. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15814/Memanfaatkan-ECommerce-Dengan-Benar.html (Diakses Tgl. 30 Mei 2023 ; Pk 18.00)

Supriadi, I. 2020. Metode Riset Akuntansi. Yogyakarta: Deepublish.

Suryaningsih, Ika Barokah. 2020. Hedonic Shopping Mediation On Impulse Buying Determinants. Journal Of Management And Business, 19(1), 1-13. https://doi.org/10.24123/jmb.v19i1

Tirtayasa, S., Nevianda, M., dan Syahrial, H. (2020). The Effect Of Hedonic Shopping Motivation, Shopping Lifestyle And Fashion Involvement With Impulse Buying. International Journal Of Business Economics (Ijbe), 2(1), 18–28. https://doi.org/10.30596

Wahyuni, R. S., dan Setyawati, H. A. 2020. Pengaruh Sales Promotion, Hedonic Shopping Motivation dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi (JIMMBA), 2(2), 144–154.

Wiyono, G. 2020. Merancang Penelitian Bisnis Dengan Alat Analisis Spss 25 & Smartpls 3.2.8. Upp Stim Ykpn, Yogyakarta.

Yonatan, A.Z. 2023. Menilik Perkembangan Pengguna Internet 2013-2023. https://data.goodstats.id/statistic/agneszefanyayonatan/menilik-perkembangan-pengguna-internet-2013-2023-uV8Ws . (Diakses Tgl. 1 Oktober 2023; Pk. 13.33)
Published
2025-01-31
How to Cite
Suharyanto, Y., & Yustinianus Ferdinand, D. Y. (2025). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk, dan Shopping Lifestyle Terhadap Impluse Buying Behavior Dalam Pembelian Produk Skincare Skintific Pada Pengguna Shopee Di Surabaya. BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 17(1), 45 - 64. https://doi.org/10.37477/bip.v17i1.702
Section
Articles