Perencanaan Perpustakaan dengan Konsep High-Tech

  • fernanda yosefi meilan kuntjoro student
  • stefanus prabani setio Universitas Katolik Darma Cendika
  • Y.A Widriyakara setiadi
Keywords: ekstrovert, high tech, introvert, perpustakaan

Abstract

Perpustakan merupakan satu dari banyaknya fasilitas publik yang disediakan baik dari pemerintah maupun swasta/perorangan yang berguna untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin mencari referensi dalam membuat karya ilmiah atau tugas-tugas baik untuk tugas sekolah, maupun tugas kantor. Penelitian ini menggunakan metode Design thinking dengan fase emphathize, define, idea, prototype, dan test. Perencanaan perpustakaan menggunakan konsep high-tech, menerapkan konsep perpustakaan berbasis IT. Penggunjung perpustakaan dikelompokkan menggunakan pendekatan psikologi perilaku berdasarkan kebutuhan individu dan kelompok. Sehingga aktivitas dalam perpustakaan akan menyesuaikan kebutuhan pengunjung. Dengan demikian desain perpustakaan berbasis high tech ini akan memiliki beberapa kebutuhan ruang yang mengikuti aktivitas pengunjung dan menggabungkan aktivitas (Introvert, Ekstrovert) lain dalam lingkungan perpustakaan.

References

Alekhine, Riswandi. 2017. “Pengertian Introvert Extrovert Dan Ambivert. Lengkap Dengan Ciri-Cirinya.” PPPTK PENJAS dan BK. http://p4tkpenjasbk.kemdikbud.go.id/kepegawaian/2019/04/24/pengertian-introvert-extrovert-dan-ambivert-lengkap-dengan-ciri-cirinya/.

Antoniades, Anthony C. 1990. Poetics of Architecture. New York: Van Nostrandt Reinhold.

Ariestadi, Dian. 2008. Teknik Struktur Bangunan. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Baskoro, M.Lahandi., Haq, Bayyinah Nurrul. 2020. “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA MATA KULIAH DESAIN PENGEMBANGAN PRODUK PANGAN.” Jurnal Sosial dan Humaniora 4(2): 83–93. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/560.

Davies, Colin. High Tech Architecture.

F, Fahirah. 2010. “SISTEM UTILITAS PADA KONSTRUKSI GEDUNG.” SMARTek 8(2): 97–106. https://media.neliti.com/media/publications/221837-sistem-utilitas-pada-konstruksi-gedung.pdf.

Jenks, Charles. 1977. The Language of Post Modern. New York: Academy Edition.

———. 1998. High Tech “The Battle of High Tech.”

———. High Tech Maniera.

KBBI. 2008. “Kamus Besar Bahasa Indonesia.” : 560.

Kholifah, Siti Nur. 2018. HUBUNGAN TIPE KEPRIBADIAN DIMENSI INTROVERT DAN EKSTROVERT TERHADAP TINGKAT NYERI PERSALINAN KALA I FASE AKTIF PADA IBU BERSALIN DI BPM SUMIDYAH IPUNG DAN BPM SRI SULAMI KOTA MALANG. Malang. http://perpustakaan.poltekkes-malang.ac.id/index.php/web_kti/detail_by_id/39936.

Purnama, Dr. Sigit., Jannah, Rina Roudhotul., Jazariyah., Sabi’ati, Amin. 2020. Desain Interior Dan Eksterior Pendidikan Anak Usia Dini. ed. Rina Roudhotul Jannah. Yogyakarta: Pustaka Egaliter.

Stanford Design School. 2012. “The Virtual Crash Course Playbook.” Institute of Design at Stanford.

Published
2023-02-27