Kesesuaian Elemen Perancangan Kota bagi Masyarakat Setempat, di Kabupaten Gresik

  • Brina Oktafiana Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Annisa Nur Ramadhani Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Andi Prasetyo Bakti Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Indra Gunawan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Azriel Akbar Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Ryan Ramadhan Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Surabaya, Indonesia
Keywords: gresik regency, urban design, urban design element

Abstract

Kabupaten Gresik merupakan salah satu wilayah pesisir di Provinsi Jawa Timur yang memiliki sejarah panjang terkait perkembangan perkotaannya. Perkembangan perkotaan ini tidak luput dari perencanaan dan perancangan perkotaan berikut evaluasi yang menyertainya. Salah satu permasalahan pokok dari Kabupaten Gresik adalah adalah mempertahankan eksistensi dan identitas keberadaan Kota Lama yang  tidak boleh luput dari sentuhan perencanaan dan perancangan perkotaan, ditengah pengembangan Kota Baru Gresik. Untuk mengetahui lebih detail terkait permasalahan tersebut, paper ini akan membahas identifikasi elemen perkotaan di kawasan Kota Lama, serta identifikasi kesesuaian elemen perkotaan terhadap kebutuhan masyarakat setempat. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam evaluasi perancangan perkotaan Kabupaten Gresik.

References

Fadlilah, U. (2020). Sejarah Perubahan Status Administrasi Gresik dari Kabupaten Surabaya Menjadi Kabupaten Gresik Tahun 1974. AVATARA, 9(1).

Queensland, S. of. (2018). Urban Design Protocol. Office of the Queensland Government Architect, Department of Housing and Public Works.

Ramadhani, A. N., Hayati, A., & Faqih, M. (2019). The Effect of Physical Quality Improvement to Inhabitant’s Sense of Place. EMARA: Indonesian Journal of Architecture, 5(1), 32–40. https://doi.org/10.29080/eija.v5i1.656

Shirvani, H. (1985). Urban design process. Van Nostrand Reinhold.

Mylajingga, N., & Mauliani, L. (2019). Kajian Elemen Perancangan Hamid Shirvani pada Kawasan Kota Satelit. Jurnal Arsitektur PURWARUPA, 3(2), 123–130.

Risdian, H., Sari, S. R., & Rukayah, R. S. (2020). Elemen Perancangan Kota yang Berpengaruh Terhadap Kualitas Ruang Kota pada Jalan Jendral Sudirman Kota Salatiga. MODUL, 20(1), 10–17. https://doi.org/10.14710/mdl.1.1.2020.10-18

Published
2022-03-11