Analisa Kesesuaian Fasilitas Stasiun Kereta Api Di Kota Lamongan Dengan Standart Nasional

Authors

  • Alfifarichatunnisa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Retno Hastijanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Dadoes Soemarwanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.37477/lkr.v4i2.763

Keywords:

Fasilitas Stasiun, Stasiun Kereta Api, Kota Lamongan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian Stasiun Kereta Api di Kota Lamongan dengan standart nasional yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Perhubungan. Metode penelitian yang digunakan adalah survei Lapangan dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan sebagian fasilitas yang ada di Stasiun Lamongan belum memenuhi standart yang ditetapkan. Terdapat kekurangan beberapa fasilitas seperti ruang tunggu yang kurang memadahi jumlah penumpang, aksesibilitas keamanan antar penumpang dan kendaraan, belum adanya fasilitas yang mendukung penyandang disabilitas, yang dimana akan berdampak pada kemanan dan kenyamanan penumpang. Penelitian ini juga mengidentifikasi dampak negatif dari fasilitas yang tidak sesuai standart terhadap pengalaman pengguna, yang dapat mengurangi minat masyarakat untuk menggunakan transportasi kereta api, oleh sebab itu peneliti merekomendasikan perbaikan infrastruktur dan peningkatan pelayanan untuk memenuhi standart nasional serta untuk meningkatkan kualitas transportasi publik di Kota Lamongan. Penelitian ini diharapkan mampu merumuskan langkah-langkah strategis guna meningkatkan kualitas layanan transportasi publik di Kota Lamongan, sehingga dapat memberikan manfaat bagi pengguna transportasi publik.

Author Biographies

Retno Hastijanti, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik

Dadoes Soemarwanto, Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Program Studi Arsitektur, Fakultas Teknik

References

Susanti (2017) Identifikasi Volume Naik Turun Penumpang di Tiap-Tiap Stasiun Pemberhentian Kereta Api Komuter Surabaya-Lamongan, Jurnal Bangunan, Vol. 22 No 2, Oktober.
Dwi HArtantyo & Rofiqi Agustapraja (2018) Analaisa Kinerja KA Komuter Surabaya Lamongn , Vol. 2 No. 2.
Richa Mega Puspita, Singgih Santoso (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Pendukung Terhadap Kepuasan Pelanggan Stasiun Lempuyangan Yogyakarta, Vol. 13 No. 1 April.
Deary Tree Nowi Putri GAluh, Siti Shara (2023) Analisa Kinerja Pelayanan Fasilitas Penumpang Stasiun Kereta Api Manggarai Berdasarkan Standart Pelayanan Minimum dan Importance PErformnance Jangka Analysis (IPA), Vol. 10 No. 2 Juni.
Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan (2021) Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Lamongan Tahun 2020-2039, Web, n.d.
Undang-Undang Republik Indoneisa Nomor 23 (2007) Tentang Perkeretaapian, n.d.
Peraturan Daerah Kabupaten Lamongan Nomor 8 (2021) Rencana Pembangunan Industri Kabupaten Lamongan 2021-2041, Bupati Lamongan Provinsi Jawa Timur, n.d.
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Lamongan (2021), Web, n.d.
Rencana Induk Riset Nasional Tahun 2017-2045 (2017), n.d.

Downloads

Published

2025-09-28