Formulasi Strategi Pengembangan Usaha Depot Bakso Kabul
Abstract
Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia mengalami peningkatan signifikan, terutama dalam sektor industri makanan. Meskipun banyak UMKM yang muncul, hanya sedikit yang mampu bertahan dalam jangka panjang karena adanya berbagai kendala dan persaingan yang mereka hadapi. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan pada Depot Bakso Kabul, sebuah UMKM di sektor industri makanan, dengan tujuan untuk menganalisis lingkungan internal dan eksternal yang memengaruhi Depot Bakso Kabul. Penelitian ini juga bertujuan untuk merumuskan strategi pengembangan alternatif bagi Depot Bakso Kabul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan mengumpulkan data melalui wawancara semi terstruktur kepada informan yang dipilih menggunakan teknik snowball sampling. Validitas data diuji melalui teknik triangulasi sumber. Hasil analisis lingkungan internal dan eksternal usaha kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT. Dari hasil analisis tersebut, strategi pengembangan pasar diidentifikasi sebagai strategi yang efektif bagi pengembangan Depot Bakso Kabul. Strategi ini dapat diimplementasikan melalui kebijakan-kebijakan seperti membuka cabang baru atau menawarkan waralaba, menetapkan standar operasional perusahaan, dan memperkuat fungsi-fungsi internal bisnis.